Wednesday, February 18, 2015

Tips Cara Mengganti Batu Korek Api Zippo (Flint)

Tidak hanya kendaraan, korek api Zippo juga membutuhkan perawatan sendiri. Korek api zippo tidak perlu membutuhkan orang ahli untuk merawatnya melainkan Anda bisa merawatnya sendiri. Salah satunya adalah mengganti batu apinya. 

Sekilas tentang batu api, fungsinya adalah untuk memberi percikan ke sumbu korek api zippo ketika dinyalakan. Ketika Roll ditekan, maka pinggiran kasarnya akan bergesekan dengan batu api dan menimbulkan percikan. Percikan tersebut yang dibutuhkan untuk memicu minyak di sumbu korek api zippo untuk menyala.

Batu api zippo atau yang biasa disebut Flint, bisa ditemukan di outlet zippo terdekat atau di online shop. Genuine Flint atau batu api zippo yang original berisi 6 pcs. Tapi saya sendiri pernah melihat di online shop yang menjual batu zippo berisi 100 pcs (walaupun tidak original tapi kualitas tidak beda jauh) dengan harga sekitar 2 kali Genuine Flint. Jadi pilihan anda ingin membeli yang mana. Akan tetapi bila membeli di online shop akan dikenakan biaya ongkir. Pertimbangkan dahulu untuk memilih dan membeli batu api zippo. Untuk yang genuine flint biasanya mulai dari harga 10 ribu rupiah. Saran terbaik saya ketika anda membeli korek api zippo, langsung saja sekalian membeli batu apinya di toko yang sama.

Bagi pemula yang memiliki korek api zippo biasanya mengira koreknya macet, ngadet, dan rusak, padahal hanya batu api zipponya saja yang habis. Nah setelah anda membeli, anda bisa menggantinya sendiri tanpa perlu meminta bantuan orang lain dengan cara berikut ini.

1. Persiapkan Korek Api Zippo yang ingin diganti batu apinya, Batu Api Zippo (Flint), dan Gunting atau bisa juga dengan Obeng Strip.

www.velloakbar.blogspot.com


2. Keluarkan inti korek atau Insert-nya dan perhatikan terdapat sebuah sekrup yang bisa dibuka.

www.velloakbar.blogspot.com

 3. Buka Sekrup tersebut dengan Gunting atau Obeng Strip.

www.velloakbar.blogspot.com

4.Setelah terbuka, tarik sekrup tersebut. Kemudian keluarkan 1 (satu) saja Batu Api Zippo dari kemasannya.

www.velloakbar.blogspot.com

5. Masukan batu api zippo yang baru ke dalam lubang sekrup tadi secara perlahan dan hati-hati karena sangat kecil dan mudah hilang.

www.velloakbar.blogspot.com

6. Tutup kembali dengan sekrupnya dan jangan terlalu kencang menutup dengan gunting atau obeng strip, karena dapat merusak sekrup tersebut.

www.velloakbar.blogspot.com

7. Masukan kembali inti korek api zippo atau Insert-nya ke dalam kotaknya. Kemudian tes nyalakan korek api zippo. Bila keras, biasakan menyalakan zippo tersebut. Lama kelamaan batu api zippo akan menyesuaikan. Bila tidak menyala, mungkin minyak zippo telah menguap dan harus diisi lagi.

Lakukan cara ini karena sangat efektif dan efisien.



Apabila masih bingung dengan cara ini, kamu bisa nonton langsung caranya di Youtube Channel SHIVER. Jangan lupa klik SUBSCRIBE untuk berlangganan Gratis video-video dari kami. Selain itu akan ada notifikasi otomatis setiap video yang kami Update.

Baca lainnya

Tags:
API, BAIK, BATU, BENAR, CARA, FLINT, GANTI, KOREK, MEMASANG, MENGGANTI, PASANG, PERAWATAN, RAWAT, TIPS, ZIPPO, PASANG