Thursday, November 20, 2014

Apa itu Zippo?

www.zippo.com


Zippo sebenarnya adalah sebuah brand dari banyak produk yang diproduksinya dan berasal dari Amerika Serikat. Produknya antara lain korek, minyak (untuk koreknya), dan lain-lain. Yang saya akan bahas di blog ini adalah korek api dari Zippo karena saya sangat hobi dengan korek ini. Korek api Zippo sangatlah bersejarah bagi tentara Amerika saat perang dunia dulu. Mereka menggunakannya untuk membakar sumbu bom, memasak makanan, dan juga sebagai penerangan di tempat gelap. Kemudian hingga saat ini korek api zippo ini sudah beredar dimana-mana, bukan untuk membakar sumbu bom dan lain-lain melainkan membakar rokok.


Selain untuk membakar sebuah rokok, korek ini bisa menambah gaya penggunanya. Tentunya korek ini juga termasuk kategori aksesoris karena unsur fashionnya. Dengan memakai korek ini penggunanya dijamin lebih elegan dan gaya. Clik... Clep... Bunyinya ketika dibuka sangatlah khas dan menarik perhatian orang sekitar. Bayangkan bila anda dan teman anda disebuah cafe duduk dekat segerombolan wanita, kemudian anda menyalakan rokok anda dengan korek api zippo. Mereka akan mendengar sesuatu dan sudah pasti mencari sumber suara tersebut kemudian melihat anda. Saya sendiri memakai Zippo berwarna Silver Chrome dan sangatlah mengkilap sehingga ketika di cafe saya taruh dimeja saja orang lain sudah melirik korek zippo saya yang sangatlah keren.

Fitur utama korek api zippo adalah Windproof. Apa itu windproof? Ya korek api zippo tahan terhadap angin, jadi cocok sekali bila sedang mendaki gunung melewati lembah dan ditengah laut. Korek api zippo akan terus menyala walaupun diterjang angin. Cocok juga untuk menonton konser yang lagunya galau, apabila yang lain menggunakan lilin anda dapat memakai korek api zippo tanpa perlu takut redup apinya sehingga bisa menghayati pertunjukan.

Ukurannya yang agak melengkung dengan dimensi panjang 3,5 cm, lebar 1,2 cm, dan tinggi 5,5 cm sangatlah pas di kantong. Dengan berat 60 gram (tanpa minyak) juga tidak terlalu ringan maupun berat sehingga sangatlah praktis dibawa kemana-mana.

Korek api zippo tidak memakai gas layaknya korek yang beredar di warung atau toko mini market terdekat, karena korek ini menggunakan minyak. Zippo sendiri sudah memproduksi minyak khusus untuk korek api Zipponya. Baunya sangat khas bila dihirup dan tidak aneh. Sebenarnya minyak untuk korek api ini tidak harus minyak dari Zippo, karena pada saat perang dunia dulu tentara Amerika menggunakan bensin untuk mengisi korek api zippo. Tetapi anda pasti tau sendiri bau bensin seperti apa kan? Sangatlah aneh bila di sebuah cafe anda membakar rokok tetapi berbau bensin. Minyak korek api zippo juga bisa menguap layaknya bensin, jadi setelah digunakan juga harus ditutup rapat kembali. Untuk mematikan korek api zippo juga harus ditutup, bukan ditiup karena dapat menyebabkan sumbu menjadi gosong atau menghitam. Minyaknya sendiri dipasaran berkisar 25 ribuan kemudian setiap hari harus diisi minyak karena bila diisi penuh hanya cukup untuk pemakaian full 1-2 hari saja.

Harga dari korek api Zippo bermacam-macam. Untuk yang original berkisar 500 ribu hingga jutaan dan yang bekas 200 ribu hingga 400 ribu. Lalu yang grade original bisa mencapai 250 ribu hingga 400 ribu dan yang bekas 150 hingga 200 ribu. Kemudian yang kw super hanya mencapai 100 ribu hingga 150 ribu saja. Tetapi tidak perlu khawatir untuk membeli Zippo itu tidak harus membeli hingga mencapai ratusribuan hingga jutaan, karena di twitter, instagram, kaskus, dan lain-lain juga menjual dengan harga 20 ribu hingga 50 ribu. Jadi itu pilihan Anda untuk membeli sebuah korek api Zippo.

Menurut saya, tidak perlu memaksakan diri untuk membeli sebuah produk idaman Anda. Bila ada produk yang sama tetapi terjangkau, belilah dulu untuk coba-coba. Bagaikan membeli handphone, tidak perlu membeli yang mahal dan terkenal padahal masih ada produk handphone lain yang sama spesifikasinya walaupun tidak terkenal.

Baca lainnya